Ketika berbicara tentang perdagangan di eToro atau menggunakan fitur perdagangan sosialnya, kami mendorong perilaku yang bertanggung jawab di antara semua pengguna kami. "Kebijakan perdagangan yang bertanggung jawab" ini menyerukan kepada para pedagang untuk melindungi diri mereka sendiri dari pengambilan keputusan emosional yang dapat mengakibatkan kerugian yang tidak perlu.

Pedagang pemula, khususnya, cenderung lebih mengandalkan "firasat," karena mereka tidak harus memiliki banyak pengalaman dalam perdagangan keuangan untuk membuat pilihan yang rasional dan berdasarkan informasi.

Untuk membantu pedagang menghindari pengambilan keputusan perdagangan online yang terburu-buru, eToro, sesuai dengan regulator keuangan lokal, merekomendasikan hal berikut:

  • Leverage maksimum berdasarkan daftar berikut:
    1. 50 : 1 (x50) untuk pasangan mata uang utama (major pairs);
    2. 20 : 1 (x20) untuk pasangan mata uang non-utama (Cross pairs), emas dan indeks utama;
    3. 10 : 1 (x10) untuk komoditas selain emas dan indeks ekuitas non-utama;
    4. 2 : 1 (x2) untuk Saham Global dan ETF;
    5. 1 : 1 (x1) untuk mata uang Kripto.
  • Alokasikan tidak lebih dari 20% dari ekuitas Anda pada satu perdagangan
  • Alokasikan tidak lebih dari 40% dari total saldo Anda untuk menyalin (copy) satu trader

Faktor kunci dari investasi cerdas adalah leverage yang rendah dan keragaman portofolio (diversifikasi), sebuah fakta yang telah dibuktikan oleh portofolio pedagang top di eToro.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi trader yang lebih bertanggung jawab (Responsible Trader):


  1. Berinvestasilah hanya pada apa yang Anda ketahui: Jangan ikuti tip acak atau firasat. Jika Anda ingin berinvestasi dalam aset tertentu, biasakan diri Anda dengan sejarah dan kecenderungannya (Trend).
  2. Perhatikan Skor Risiko Anda: Skor Risiko unik Anda adalah cara yang bagus untuk melihat jika Anda seorang pedagang yang bertanggung jawab. Angka Skor Risiko yang direkomendasikan oleh eToro adalah di angka 3 atau lebih rendah.
  3. Sesuaikan portofolio Anda: Diversifikasikan portofolio Anda di banyak kelas aset. Jika Anda tidak ingin memantau portofolio Anda sesering mungkin, pilihlah instrumen yang keterlibatannya lebih rendah, seperti CopyPortfolios™ atau gunakan fitur CopyTrader™ kami.
  4. Salin (copy) pedagang yang bertanggung jawab lainnya: Ketika Anda menyalin pedagang lain, lihat Skor Risiko, kinerja, riwayat, dan keragaman portofolio mereka.

Sebelum kami mulai, penting untuk menekankan bahwa nilai resiko ini hanya berdasarkan pada kinerja trader sebelumnya, dan karena itu tidak bisa dan tidak menunjukan hasil kedepannya.

Tanpa masuk ke algoritma matematika yang sulit, gambaran utamanya adalah bahwa setiap instrumen mempunyai rata-rata perpindahan harian, yang menunjukkan bagaimana mudahnya ia berubah. Katakanlah instrumen X berubah rata-ratanya sekitar 2% sehari ( selama satu hari yang diberikan, ia biasanya akan meningkat atau menurun sekitar 2% dari harga awalnya pada hari itu). Secara statistik, jika kita mengalikan perubahan rata-rata ini dengan 3, kita membuat rentang 99% yang benar saat itu. Jadi pada contoh kami, 99% pada waktu itu, instrumen X akan meningkat atau menurun maksimal 6% dalam satu hari.

Pemahaman dasar ini dikombinasikan dengan fakta bahwa pengaturan leverage yang berbeda mengubah presentase resikonya, dan tentu saja fakta bahwa kebanyakan trader di komunitas kami berinvestasi di lebih dari satu instrumen. Beberapa posisi bergabung untuk mengurangi resiko (jika Anda membeli EUR/USD dan USD/JPY secara bersamaan, lalu bersama-sama dua posisi itu melindungi kemungkinan USD menurun di satu pihak, dan meningkat di satu pihak lain, yang berarti resiko Anda disini lebih rendah karena mereka melengkapi -membatasi- satu sama lain). Namun, jika posisi trading terbuka Anda tidak membatasi satu sama lain, ini berarti bahwa resiko pada trade ini kemungkinan lebih tinggi, sebagaimana setiap trade bisa melangkah ke arah berlawanan dari apa yang Anda harapkan.

Lebih lanjut, jika Anda sedang menyalin beberapa trader, penting untuk memperhitungkan bagaimana posisi mereka berhubungan – jika mereka semua berinvestasi dengan cara yang sama, resiko Anda lebih tinggi, namun jika di satu sisi mereka membatasi posisi setiap pihak, resiko Anda lebih rendah.

Sebagai langkah pertama, nilai resiko tidak akan diperbaharui dalam waktu nyata, dan kami akan memberitahu Anda lebih dulu dalam hal frekuensi pembaharuan alat ini. Tentu saja, tujuan kami adalah untuk bisa ke titik dimana Anda mampu melihat perubahan nilai resiko Anda di waktu yang sesungguhnya, dan itu akan menjadi bagian dari pembaharuan yang akan kami perkenalkan dimasa yang akan datang.


Psikologi Manusia & Perdagangan Emosional


Pedagang dari semua tingkatan mungkin saja terlalu mengandalkan emosi mereka saat berdagang. Hal ini adalah sebuah kekeliruan yang disebabkan oleh faktor rasa takut, sifat tamak (serakah), dan kegembiraan yang berlebihan dimana dapat berperan dalam membuat keputusan yang buruk. Pastikan selalu untuk memiliki rencana perdagangan (trading plan) dan patuhi trading plan Anda apa pun yang terjadi. Saat membuat rencana perdagangan Anda, sertakan tips-tips di atas, dengan memberi perhatian khusus pada:

  1. Leverage maksimum
  2. Keragaman portofolio
  3. Skor Resiko dan profil dari pedagang-pedagang lain