Kami semua telah mengetahuinya. Dimanapun dan tidak ada jalan untuk menghindar. Ya, saya berbicara tentang peringatan "trading mungkin beresiko" yang cukup banyak Anda lihat di semua tempat.

Sebagai seorang investor aktif, Anda sebaiknya menyadari seberapa banyak resiko yang sedang Anda ambil pada setiap keputusan yang Anda buat. Yang mana terasa cukup sulit untuk mencaritahu ketika Anda melakukan trading di market investasi tradisional, namun dengan diikutsertakan Copy Trading, menilai resiko Anda dengan segala keakurasiannya menjadi hampir tidak mungkin. Lalu apa yang harus dilakukan seorang investor sosial?

Memperkenalkan: Nilai Resiko

Langsung saja saya perjelas bahwa ini adalah fitur yang sedang kami kerjakan dan rencananya akan diluncurkan pada komunitas kami dalam beberapa bulan kedepan.

Prinsip dibalik Nilai Resiko sangat sederhana: kami ingin anda bisa menilai resiko tepat yang sedang Anda ambil pada setiap keputusan trading, termasuk Copy Trading. Tidak hanya merasakan resikonya, namun juga mampu mengukurnya dengan angka yang sesungguhnya.

Nilai resiko akan memberi Anda keseluruhan portfolio skor resiko, beserta rincian apa saja resiko ini terjadi. Hal ini akan dapat dilihat disemua profil anggota kami, yang berarti tidak hanya portofolio Anda sendiri yang bisa Anda analisis menjadi lebih baik, namun juga milik orang lain!

Ketika ini menyangkut Copy Trading, setiap trader baru yang Anda salin akan terkena dampak nilai resiko Anda berdasarkan cara trader yang Anda salin bertindak: pilihan instrumen mereka, pilihan leverage mereka, presentase ekuitas yang mereka investasikan pada single instrumen-semua ini diperhitungkan dalam algoritma yang telah kami kerjakan. Ketika mengkombinasikan semua data bersamaan, kita mampu menghitung dengan tingkat keakuratan yang baik, resiko yang trader tertentu bawa ke portofolio Anda. Jadi pada dasarnya, Anda akan lebih baik dalam menilai trader manapun yang ingin Anda salin, karena Anda tidak hanya mampu melihat pendapatan dan kinerja mereka, namun juga mengerti resiko yang sedang mereka ambil.

Bagaimana Nilai Resiko bekerja?

Sebelum kami mulai, penting untuk menekankan bahwa nilai resiko ini hanya berdasarkan pada kinerja trader sebelumnya, dan karena itu tidak bisa dan tidak menunjukan hasil kedepannya.

Tanpa masuk ke algoritma matematika yang sulit, gambaran utamanya adalah bahwa setiap instrumen mempunyai rata-rata perpindahan harian, yang menunjukkan bagaimana mudahnya ia berubah. Katakanlah instrumen X berubah rata-ratanya sekitar 2% sehari ( selama satu hari yang diberikan, ia biasanya akan meningkat atau menurun sekitar 2% dari harga awalnya pada hari itu). Secara statistik, jika kita mengalikan perubahan rata-rata ini dengan 3, kita membuat rentang 99% yang benar saat itu. Jadi pada contoh kami, 99% pada waktu itu, instrumen X akan meningkat atau menurun maksimal 6% dalam satu hari.

Pemahaman dasar ini dikombinasikan dengan fakta bahwa pengaturan leverage yang berbeda mengubah presentase resikonya, dan tentu saja fakta bahwa kebanyakan trader di komunitas kami berinvestasi di lebih dari satu instrumen. Beberapa posisi bergabung untuk mengurangi resiko (jika Anda membeli EUR/USD dan USD/JPY secara bersamaan, lalu bersama-sama dua posisi itu melindungi kemungkinan USD menurun di satu pihak, dan meningkat di satu pihak lain, yang berarti resiko Anda disini lebih rendah karena mereka melengkapi -membatasi- satu sama lain). Namun, jika posisi trading terbuka Anda tidak membatasi satu sama lain, ini berarti bahwa resiko pada trade ini kemungkinan lebih tinggi, sebagaimana setiap trade bisa melangkah ke arah berlawanan dari apa yang Anda harapkan.

Lebih lanjut, jika Anda sedang menyalin beberapa trader, penting untuk memperhitungkan bagaimana posisi mereka berhubungan – jika mereka semua berinvestasi dengan cara yang sama, resiko Anda lebih tinggi, namun jika di satu sisi mereka membatasi posisi setiap pihak, resiko Anda lebih rendah.

Sebagai langkah pertama, nilai resiko tidak akan diperbaharui dalam waktu nyata, dan kami akan memberitahu Anda lebih dulu dalam hal frekuensi pembaharuan alat ini. Tentu saja, tujuan kami adalah untuk bisa ke titik dimana Anda mampu melihat perubahan nilai resiko Anda di waktu yang sesungguhnya, dan itu akan menjadi bagian dari pembaharuan yang akan kami perkenalkan dimasa yang akan datang.

Bagaimana cara saya melihatnya?

Algoritma ini mempertimbangkan semua parameter, dan memberi portofolio anda “nilai resiko” yang berkisar dari 1-10. Setiap nilai mewakili rentang presentase, dan ini dimaksudkan untuk membantu Anda lebih memahami resiko yang mungkin ditimbulkan oleh investasi Anda terhadap ekuitas Anda.

Kapanpun Anda menambah investasi baru ke portofolio Anda ( baik itu instrumen atau trader yang disalin), resiko Anda akan dihitung ulang dan Anda akan melihat keputusan Anda mempengaruhi nilai resiko Anda. Di masa yang akan datang, kami akan berkerja untuk menguraikan fitur ini sehingga Anda dapat melihat dampak resiko yang diproyekysikan, yang seorang trader berpotensi memilikinya di portofolio Anda. Namun, pada versi pertama alat ini, Anda hanya akan melihat dampak resipnya setelah Anda menyalin trader tersebut.

Selain itu, Anda akan mempunyai analisis mendalam pada portofolio milik Anda, memungkinkan Anda mendapat pemahaman lebih baik terkait strategi investasi Anda di waktu yang sesungguhnya. Jenis analisis tersebut tersedia untuk semua, berarti bahwa Anda akan bisa melihat analisis mendalam dari semua trader dalam komunitas itu – namun lagi, kemampuan menghitung korelasi diantara mereka masih dalam tahap pembagunan awal, dan akan tersedia di versi berikutnya.

Penting untuk dicatat: fitur ini dimaksudkan untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih bijak, namun ini tidak akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan. Kami sangat percaya bahwa tanggungjawab atas tindakan seseorang terletak pada pilihan seseorang, dan kami tidak bermaksud mencoba memberi tahu bagaimana sebaiknya Anda berinvestasi.